Resep Keripik Kulit Semangka yang Renyah, Unik & Patut Dicoba!

Keripik Kulit Semangka
Semangka tentu bukan lagi buah yang asing untuk kebanyakan orang. Rasanya yang manis dan segar membuat buah yang satu ini begitu mudah disukai. Bukan hanya dimakan begitu saja, semangka juga kerap dijadikan sebagai campuran minuman. Selain itu, belakangan ini semangka juga kerap diolah menjadi berbagai makanan lainnya. 

Bukan hanya buahnya saja, kulit semangka juga bisa diolah menjadi keripik yang lezat. Rasanya dan aromanya yang khas membuat camilan ini mudah disukai oleh banyak orang. Hampir sama dengan proses pembuatan keripik pada umumnya, kulit semangka juga cukup mudah diolah menjadi keripik yang renyah. 

Berikut ini adalah beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik kulit semangka yang lezat: 

Bahan utama: 

– 600 Gram kulit semangka.

– Minyak goreng secukupnya. 

– Bahan kering dan bumbu:

– 600 Gram terigu. 

– 180 Gram tepung beras.

– 3 Sendok makan tepung tapioka.

– 1 Sendok teh baking soda.

– 1 Sendok teh kaldu bubuk.

– 1 Sendok teh lada bubuk.

– 1 Sendok makan bubuk bawang putih. 

– 1 Sendok makan bubuk paprika.

– Garam secukupnya. 

Siapkan semua bahan-bahan keripik terlebih dahulu. Pastikan semua bumbu disiapkan dalam ukuran yang tepat, agar rasa keripik benar-benar lezat dan sesuai dengan selera Anda. Selain itu, penting untuk mengikuti proses pembuatan keripik dengan tepat, agar hasilnya bisa lezat dan renyah. 

Simak beberapa langkah mudah untuk membuat keripik kulit semangka yang lezat berikut ini: 

1. Bersihkan kulit semangka 

Siapkan kulit semangka dan buanglah bagian dalam kulit semangka yang masih berwarna merah. Cuci kulit semangka hingga bersih dan tiriskan hingga tak ada lagi air yang tersisa.

2. Potong kulit semangka

Jika kulit semangka sudah kering, potong-potong sesuai dengan selera. Upayakan agar potongan kulit semangka tidak terlalu besar, agar mudah renyah ketika digoreng nanti. Jika semua kulit semangka sudah dipotong-potong, peras perlahan hingga airnya keluar dan hanya tersisa sedikit saja.

3. Siapkan bumbu kering dan tepungnya

Masukkan semua bahan tepung ke dalam wadah yang cukup besar, lalu tambahkan semua bumbu kering ke dalamnya. Aduk semua bahan kering ini hingga tercampur rata. Hal ini akan memudahkan proses pencampuran tepung dengan kulit semangka pada tahap berikutnya. 

4. Campurkan kulit semangka dan tepung 

Siapkan wadah kosong dan masukkan kulit semangka ke dalamnya. Taburkan tepung ke permukaan kulit semangka. Aduk dan remas kulit semangka dan tepung perlahan sampai menyatu. Lakukan hal ini sampai kulit semangka benar-benar terlapisi tepung secara merata. 

5. Goreng kulit semangka 

Panaskan penggorengan dan tuang minyak goreng ke dalamnya. Jika minyak sudah panas, masukkan kulit semangka yang telah dicampurkan dengan tepung. Goreng kulit semangka dengan api sedang hingga matang kecoklatan. Jika sudah matang dan renyah, angkat keripik dan tiriskan. 

6. Sajikan selagi hangat 

Keripik semangka ini cocok dihidangkan selagi hangat. Rasanya yang gurih manis akan semakin lengkap jika dinikmati dengan cocolan saos pedas. Jika dibuat cukup banyak, segera simpan keripik di toples sesaat setelah dingin, agar tetap renyah dan lezat. Keripik ini bisa dinikmati kapan saja, terutama di saat Anda bersantai bersama anggota keluarga lainnya. 

Itulah beberapa langkah mudah membuat keripik renyah dari kulit semangka, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top