Inilah Resep Kue Rangin Menggunakan Tepung Beras Yang Bisa Dicoba Dirumah!

Kue Rangin Tepung

Kue rangin adalah makanan tradisional khas Indonesia yang memiliki cita rasa dominan gurih dan ditaburi gula jika ingin menambah rasa manis. Selain dipanggil kue rangin, ada beberapa sebutan berbeda untuk kue tradisional satu ini disetiap daerahnya. Orang Jakarta menyebutnya dengan kue pancong, untuk kue rangin sendiri dipanggil oleh orang Surabaya, di Bandung dipanggil kue bandros, kue tratak jaran oleh orang Bojonegoro dan orang Bali menyebut kue daluman. 

Banyak orang yang menggemari kue rangin karena harganya yang cukup murah untuk makanan tradisional. Selain harganya yang murah, rasanya pun disukai dari berbagai kalangan, mulai dari yang anak-anak, remaja, orang dewasa sampai lansia, wanita maupun pria suka dengan kue tradisional ini. Bentuk kue-nya sendiri juga khas yaitu berwarna putih dibagian atas dan kecoklatan muda dibagian bawahnya.

Biasanya kue rangin dimasak diatas panggangan dengan bentuk cetakan yang khas, dibawahnya dibakar menggunakan kayu bakar bagi yang masih tradisional ataupun kompor. Bau-nya yang enak pun juga cukup khas ketika kue ini dibuat.

Dibawah ada resep membuat kue rangin menggunakan tepung beras yang mudah sehingga bisa dipraktekkan di dapur rumah Anda.

Resep Kue Rangin Menggunakan Tepung Beras

  • Bahan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue rangin

  1. Tepung beras = 250 gram

  2. Kelapa parut = 250 gram (usahakan untuk tidak terlalu tua)

  3. Santan cair = 600 ml

  4. Santan kental = 400 ml

  5. Garam = secukupnya saja

  6. Gula pasir = 50 gram

  7. Margarin/minyak = secukupnya saja

  • Alat

Ada beberapa alat yang diperlukan dalam membuat kue rangin.

  1. Mangkok kosong untuk mengaduk adonan

  2. Alat untuk mencampur adonan (bisa gunakan tangan)

  3. Panggangan atau wajan cetakan kue rangin

  4. Piring saji untuk meletakkan kue rangin yang sudah jadi

  • Cara Membuat Kue Rangin Tepung Beras

Cara lengkap membuat kue rangin tepung beras dapat disimak dibawah ini.

  1. Siapkan mangkok atau pun wadah kosong. Selanjutnya campurkan tepung beras, santan kental dan cair, kelapa parut dan garam secukupnya. Aduk semua menggunakan alat ataupun tangan yang sudah bersih hingga semua tercampur menjadi satu.

  2. Jika merasa adonan tersebut sudah pas. Lanjut pada proses memanggang kue rangin.

  3. Siapkan panggangan atau wajan cetakan kue rangin lalu panaskan. Selagi memanaskan, bisa beri margarin atau minyak secukupnya supaya nantinya kue rangin tidak lengket dengan wajan. 

  4. Setelah wajan cetakan sudah panas, kecilkan api kompor. Masukkan adonan kue rangin hingga penuh. Setelah itu tutup dan tunggu hingga kurang lebih 5 menit lamanya.

  5. Selanjutnya setelah kurang lebih lima menit, Anda dapat mengecek kue rangin tadi. Jika sudah matang dan sesuai keinginan, bisa diambil. Namun harap hati-hati saat mengambil kue rangin supaya bentuknya tetap cantik dan tidak hancur nantinya saat diangkat.

  6. Terakhir taruh kue rangin yang sudah jadi diletakkan di piring saji. 

  7. Bagi yang suka manis bisa taburi gula. Dan kue rangin siap dihidangkan dan dinikmati.

Itu tadi diatas resep untuk membuat kue rangin menggunakan tepung beras yang bisa dipraktekkan dengan mudah di dapur rumah Anda sendiri. Membuat kue ini mudah, bahan-bahanya pun murah tapi rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Kue tradisional yang memiliki rasa gurih karena dominan garam ini nikma. Jangan lupa taburi garam jika selera Anda suka manis. Semoga resep diatas bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat kue rangin. Selamat mencoba!


Baca juga: 3 Resep Wedang Roti Enak, Unik, Dan Menggugah Selera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top