Resep Jamur Enoki Pedas Sambal Matah

Jamur Enoki Pedas

Kelezatan dari jamur enoki memang luar biasa. Jamur yang kaya akan berbagai macam manfaat ini sangat cocok untuk dijadikan hidangan masakan. Berbagai macam resep bisa Anda gunakan dan yang cukup terkenal adalah Resep Jamur Enoki Pedas Sambal Matah. Resep ini bisa dihidangkan bersama lauk pauk lainnya sehingga akan memenuhi gizi seimbang. Berikut adalah Resep Jamur Enoki Pedas Sambal Matah antara lain :

  1. Siapkan terlebih dahulu bumbunya

Resep Jamur Enoki Pedas Sambal Matah bisa dilakukan dengan menyiapkan bumbu terlebih dulu. Bumbu yang perlu disiapkan mulai dari bawang bombay, 2 sdm kecap asin, secukupnya garam, 2 sdm saus teriyaki, secukupnya lada dan bawang putih. Adapun bumbu lainnya yang juga penting dan perlu disiapkan mulai dari 1 sdm kecap manis, secukupnya  penyedap rasa dan secukupnya ketumbar. Kesemua bahan ini bisa Anda dapatkan di supermarket terdekat.

  1. Siapkan bahan utama

Menyediakan bahan utama pada resep begitu penting. Anda bisa mulai menyiapkan bahannya mulai dari 300 gram shortplate, butter dan 50 gram jamur enoki. Kesemua bahan utama ini adalah bagian dari Resep Jamur Enoki Pedas Sambal Matah.

  1. Siapkan sambal bahan matah

Resep Jamur Enoki Pedas Sambal Matah perlu menyiapkan bahan baku lainnya. Bahan yang disiapkan diantaranya 10 cabe rawit, 9 siung bawang merah, garam, 8 lbr daun jeruk, secukupnya sereh, secukupnya terasi dan minyak panas. Pastikan bahan – bahan ini sudah tersedia didapur sehingga Anda hanya akan tinggal mengolahnya.

  1. Tumis bawang Bombay terlebih dulu

Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat Resep Jamur Enoki Pedas Sambal Matah adalah dengan menumis. Siapkan bawang bombay lalu tumis kedalam wajan dengan butter. Gunakan api ringan lalu masukan bawang bombay yang sudah diiris tipis kedalam wajan. Tumis hingga aroma bawang harum.

  1. Masukan bahan – bahannya

Masukan jamur enoki pada wajan yang berisi tumisan bawang Bombay. Aduk hingga harum lalu masukan bahan penunjang lainnya mulai dari 2 sdm kecap asin, secukupnya garam, 2 sdm saus teriyaki, secukupnya lada dan bawang putih. Aduk hingga kesemua bahannya tercampur dengan merata. Anda juga bisa menambahkan daging kedalam tumisan agar memperkaya rasa.

  1. Tambahkan air secukupnya

Jika semua sudah selesai maka langsung tambahkan air secukupnya. Anda bisa menambahkan air dan memasaknya hingga air menyusut. Matikan kompor lalu tuangkan kedalam wadah makanan. Jika sudah maka siapkan sambal matah untuk dituangkan pada hidangan yang matang.

  1. Siapkan sambal matahnya

Untuk membuat sambal matah maka Anda bisa menyiapkan perlengkapannya mulai dari cobek. Siapkan bumbu sambalnya yakni 10 cabe rawit, 9 siung bawang merah, garam, 8 lbr daun jeruk, secukupnya sereh, secukupnya terasi dan minyak panas. Gerus semua bahan ini kedalam cobek dan uleg hingga semua bahan menjadi halus. Sambal matah sudah siap disajikan

  1. Atur perlengkapan tambahan didalam meja makan

Sarapan akan lebih nikmat jika dimakan bersama keluarga. Untuk menikmatinya maka perlu menyiapkan beberapa peralatan mulai dari piring, nasi dan air putih. Atur perlengkapan ini di meja makan dan hidangkan dengan kondisi yang masih hangat.

  1. Hidangan siap dinikmati

Menikmati hidangan Resep Jamur Enoki Pedas Sambal Matah bisa ditambahkan krupuk. Anda bisa menyiapkan krupuk sebagai pelengkap hidangan agar terasa lebih nikmat. 

Untuk menikmati hidangan yang mewah tidak harus membeli. Anda bisa membuat Resep Jamur Enoki Pedas Sambal Matah dan memasaknya dirumah bersama keluarga. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top