Categories: Islam

Keutamaan dan Manfaat Ayat Kursi yang Baik untuk Umat Islam Amalkan

Inilah Keutamaan dan Manfaat dari Membaca Ayat Kursi

Keutamaan dan manfaat dari membaca ayat kursi perlu umat Islam tahu agar semangat mengamalkannya. Sebagai seorang Muslim tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan sebuah ayat Al Quran yang bernama ayat Kursi bukan? 

Akan tetapi, ternyata masih banyak dari kita yang tidak mengetahui keutamaan dan manfaat membaca ayat Kursi. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa keutamaan ayat Kursi beserta manfaatnya. Tanpa banyak pajang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasan dibawah ini.

Keutamaan & Manfaat Ayat Kursi:

1. Ayat yang Paling Agung dalam Al Quran

Keutamaan pertama dari Ayat Kursi, yakni merupakan ayat yang paling agung dalam Al Quran. Pasalnya, di dalam ayat Kursi terdapat kalimat “Alhayyu dan Alqayyum” yang merupakan nama Allah SWT paling agung. 

Dengan demikian, maka tak heran juga jika ayat Kursi menjadi ayat paling spesial dari sebagian ayat yang ada di dalam Al Quran. 

2. Akan Dipermudah Segala Urusan

Ada waktu-waktu tertentu yang paling tepat untuk membaca ayat Kursi, yakni di pagi hari hingga petang, setelah selesai menunaikan sholat 5 waktu, dan sebelum tidur. Dengan membaca ayat Kursi di waktu tersebut, maka Allah SWT akan memudahkan dalam berbagai urusan kehidupan. 

Hal itu pun sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya: “Barangsiapa yang belajar ayat Kursi dan tahu hak-haknya Allah akan membuka 8 pintu syurga untuknya, masuk pintu mana saja dipersilahkan.“

3. Menjadi Penolong bagi Umat Islam

Allah SWT akan memberikan pertolongan bagi setiap Muslim yang tengah ditimpa kesusahan, jika ia sering mengamalkan ayat Kursi sesudah menunaikan sholat wajib maupun sunnah. Tak hanya itu, Allah SWT juga akan melindungi setiap hamba-Nya yang gemar mengamalkan ayat Kursi dari berbagai hal-hal yang buruk. 

Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW yang artinya: “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (pada malam hari) maka bacalah ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu, dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi.” (HR. Bukhari). 

4. Ayat yang Paling Diberkahi

Selain ayat yang paling agung, ayat Kursi juga menjadi salah satu ayat yang paling diberkahi oleh Allah SWT. Dengan mengamalkan ayat Kursi secara rutin, maka seorang Muslim akan terhindar dari bencana, kesusahan, serta kesedihan. 

5. Meraih Pahala Syahid

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya: “Barangsiapa membaca ayat Kursi setiap selesai sholat, maka yang akan mencabut nyawanya adalah Allah sendiri dan ia bagaikan orang berperang bersama para nabi hingga mendapatkan mati syahid.” (HR Hakim).

Bacaan & Arti Ayat Kursi

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa‘ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyul ‘adhiim

Artinya : “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. KepunyaanNya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan di belakang mereka, sedangkan mereka tidak mengetahui apa-apa ilmu dari Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Itulah penjelasan tentang keutamaan dan manfaat Ayat Kursi yang bisa diamalkan. Semoga pembahasan ini bisa menjadi motivasi untuk semangat mengejar ridho Allah.

Olivia

Recent Posts

Destinasi Wisata Semarang, Jelajahi Kota Lama dan Kuliner Khas!

Semarang, kota yang terletak di pantai utara Jawa Tengah, memiliki banyak destinasi wisata yang menarik…

1 minggu ago

Cara Membuat Pupuk Organik dari Sampah Dapur!

Membuat pupuk organik dari sampah dapur bukanlah tugas yang sulit. Dengan sedikit usaha dan dedikasi,…

2 minggu ago

Fakta Irene Red Velvet, Sang “Original Visual” yang Penuh Kejutan!

Irene Red Velvet, idol K-Pop yang terkenal dengan kecantikannya yang memesona dan karismanya yang kuat,…

3 minggu ago

Niat Sholat Idul Fitri: Panduan Lengkap dan Teks Doa

Idul Fitri, momen istimewa bagi umat Islam untuk merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Bagi…

1 bulan ago

Lirik Lagu Klebus yang Dinyanyikan Oleh Denny Caknan

Lagu "Klebus" yang dibawakan oleh Guyon Waton tetap menjadi pilihan yang cocok bagi mereka yang…

2 bulan ago

Apa Itu Introvert? Ini Penjelasan dan Karakteristiknya

Dalam dunia sosial yang serba dinamis dan kompetitif, seringkali kita mendengar istilah "introvert" dan "ekstrovert".…

2 bulan ago