Categories: Life

8 Usaha Sampingan dengan Modal Kecil dan Cocok untuk Karyawan

Sumber: Unsplash


Ingin Menambah Penghasilan? Coba Usaha Sampingan dengan Modal Kecil Ini!

Usaha sampingan dengan modal kecil bisa menjadi cara Anda untuk memperoleh penghasilan tambahan selain pekerjaan tetap Anda. Memiliki profesi sebagai karyawan swasta ataupun PNS memang menjadi sebuah kebanggan tersendiri karena dianggap berpenghasilan tetap setiap bulan. Namun, terkadang penghasilan tiap bulan tidak mencukupi untuk menambah aset Anda.

Apabila Anda ingin menambah penghasilan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuka usaha sampingan. Berikut 10 usaha sampingan yang cocok untuk karyawan yang bisa berjalan berdampingan dengan kegiatan kantor Anda.



Sumber: Unsplash


Menjadi reseller barang fashion tidak membutuhkan modal yang besar, karena Anda hanya butuh menjualkan barang yang telah disediakan oleh supplier. Anda bisa menjual dagangan Anda melalui sosial media atau e-commerce.

Usaha ini bisa Anda lakukan di jam istirahat kantor atau selepas bekerja. Anda tidak perlu pusing mengenai pengemasan dan pengiriman barang, karena hal tersebut dilakukan oleh supplier.

 


Sumber: Unsplash

 

Anda bisa menjadi penerjemah sebagai usaha sampingan, apabila memiliki kemampuan bahasa asing seperti bahasa inggris, korea, jepang dan lainnya. Pekerjaan menjadi penerjemah biasanya menerjemahkan surat kabar, jurnal, artikel dan dokumen penting lain.

Anda bisa mulai dengan menetapkan tarif perkata dan mempromosikan jasa Anda melalui sosial media dan orang-orang terdekat. Usaha sampingan ini bisa Anda sesuaikan dengan jam kantor, sehingga bisa berjalan beriringan tanpa membebankan pekerjaan utama.

 


Sumber: Unsplash


Jika Anda mempunyai kemampuan desain, Anda bisa menawarkan jasa desain grafis untuk pembuatan logo, banner, undangan dan kartu nama. Mulai dengan mempromosikan jasa yang Anda tawarkan melalui platform online seperti media sosial. 

Menggunakan kemampuan Anda dibidang desain grafis ini, bisa memberikan Anda pundi-pundi rupiah dan tidak mengganggu jam kerja Anda. 

 


Sumber: Unsplash

 

Blog dan website sudah tidak asing lagi keberadaannya, apalagi di era serba terknologi digital saat ini. Biasanya perusahaan besar membutuhkan sebuah blog atau website untu menampilkan citra perusahaan dan produk mereka melalui sarana online.

Sehingga, jika Anda memiliki kemampuan dalam membuat blog dan website, bisa Anda jadikan usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

 


Sumber: Unsplash

 

Usaha sampingan lain yang memiliki banyak peminat adalah menyewakan barang seperti kamera, kendaraan, baju, dan peralatan camping. Anda bisa memasang tarif perjam atau perhari untuk barang yang disewa.

Untuk menghindari kerusakan barang yang Anda sewakan, bisa terapkan sistem deposito dengan memotong langsung biaya perbaikan.

 


Sumber: Unsplash

 

Karyawan biasanya lebih sering membeli sarapan di luar, karena berbagai alasan. Kesempatan ini bisa Anda jadikan peluang untuk melakukan usaha menjual sarapan kepada rekan-rekan kantor Anda. 

Anda bisa menawarkan dan menjalankannya secara online untuk pemesanan terlebih dahulu.

 


Sumber: Unsplash


Anda bisa mulai berjualan kopi racikan yang diperoleh dari hasil eksperimen Anda di dapur. Usaha sampingan ini bisa Anda mulai dari kerabat dekat dan teman-teman kantor, karena usaha minuman kopi saat ini banyak diminati oleh anak-anak muda.

Usaha sampingan dengan menjual kopi racikan ini bisa menjanjikan apabila Anda tekuni.

 


Sumber: Unsplash

 

Mungkin Anda adalah orang yang senang dengan fotografi, makan usaha menjual foto di internet cocok untuk Anda jadikan ide usaha sampingan. Di sela-sela jam kerja dan selepas pulang kerja, Anda sering memotret objek dan view yang indah.

Tentu saja hasil jepretan Anda bisa dijual di situs yang bisa digunakan untuk menjual foto seperti Istockphoto dan Shutterstock.

 

Nah, itulah sederetan usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa dilakukan oleh karyawan kantor untuk menambah penghasilan dan aset kekayaan. Setelah membaca artikel ini, usaha mana yang sesuai dengan Anda dan ingin dicoba?

Baca Juga: 5 Ide Usaha Rumahan Modal Rp. 50 Ribu Tetapi Potensial

Olivia

Recent Posts

Destinasi Wisata Semarang, Jelajahi Kota Lama dan Kuliner Khas!

Semarang, kota yang terletak di pantai utara Jawa Tengah, memiliki banyak destinasi wisata yang menarik…

1 minggu ago

Cara Membuat Pupuk Organik dari Sampah Dapur!

Membuat pupuk organik dari sampah dapur bukanlah tugas yang sulit. Dengan sedikit usaha dan dedikasi,…

3 minggu ago

Fakta Irene Red Velvet, Sang “Original Visual” yang Penuh Kejutan!

Irene Red Velvet, idol K-Pop yang terkenal dengan kecantikannya yang memesona dan karismanya yang kuat,…

4 minggu ago

Niat Sholat Idul Fitri: Panduan Lengkap dan Teks Doa

Idul Fitri, momen istimewa bagi umat Islam untuk merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Bagi…

1 bulan ago

Lirik Lagu Klebus yang Dinyanyikan Oleh Denny Caknan

Lagu "Klebus" yang dibawakan oleh Guyon Waton tetap menjadi pilihan yang cocok bagi mereka yang…

2 bulan ago

Apa Itu Introvert? Ini Penjelasan dan Karakteristiknya

Dalam dunia sosial yang serba dinamis dan kompetitif, seringkali kita mendengar istilah "introvert" dan "ekstrovert".…

2 bulan ago