Baby Blues Syndrome

Sebagai orang tua terutama seorang ibu, tentunya akan merasa senang dan bahagia jika memiliki seorang bayi. Namun ada beberapa ibu yang tidak merasakan hal seperti ini pada saat awal kelahiran.

Justru sebaliknya ibu tersebut merasa sangat sedih di hari-hari setelah bayi lahir dan itu sangat normal. Perasaan sedih dan khawatir ini sering disebut dengan istilah Baby Blues Syndrome.

Baby Blues ini juga dikenal sebagai postpartum blues atau postpartum distress syndrome, ini merupakan perasaan emosional seorang ibu pasca melahirkan.

Pada kondisi seperti ini, biasanya ibu yang baru melahirkan akan merasa mudah menangis, mudah tersinggung, serta sedikit tertekan.

Memang tidak semua ibu yang mengalami kondisi seperti ini, namun sebagian besar dari mereka akan merasakan kondisi Baby Blues Syndrome ini. Dalam hal ini, diperkirakan sebanyak 50-80% ibu yang baru melahirkan akan mengalami Baby Blues Syndrome.

Gejala Baby Blues Syndrome

Setelah anda mengetahui pengertian dari Baby Blues Syndrome, maka berikutnya yang harus anda ketahui adalah gejala dari Baby Blues Syndrome ini.

  • Pertama ibu akan menangis tanpa alasan yang jelas.
  • Lalu ibu akan merasa mudah kesal
  • Ibu cepat merasa lelah dan letih
  • Ibu merasa tidak memiliki rasa percaya diri
  • Ibu akan mudah tersinggung
  • Ibu akan merasa sulit untuk beristirahat
  • Yang akhirnya ibu akan merasa enggan untuk mengurus si kecil. 

Penyebab Baby Blues Syndrome

Perlu diketahui bahwa penyebab terjadinya Baby Blues Syndrome ini adalah dikarenakan hormon. Dalam hal ini, tubuh ibu akan mengalami perubahan yang besar pasca melahirkan.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan proses kelahiran itu sendiri sangat menguras tenaga dan melelahkan, yang kemudian susu (ASI) akan keluar dengan sendirinya.

Selain itu, hormon yang dibutuhkan untuk melahirkan akan berkurang, serta hormon lainnya yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI akan semakin meningkat. Tentunya semua ini bisa memberikan pengaruh yang besar bagi kejiwaan/emosional ibu.

Belum lagi ditambah dengan adanya tanggung jawab baru untuk merawat sang bayi yang baru saja lahir. Karena merawat serta kesadaran baru bahwa hal baru ini akan membawa perubahan di kehidupan ibu.

Sehingga tidak aneh kalau banyak ibu yang belum siap dan kewalahan untuk menerima keadaan seperti ini.

Kondisi Baby Blues ini, biasanya akan dialami oleh ibu dalam 14 hari pertama setelah melahirkan, dan saat terburuk adalah 3-4 hari pasca melahirkan.

Demikianlah artikel kali ini semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua. Bagi kalian yang ingin update informasi menarik, berita terkini dan berita terbaru terus kunjungi Diversitybeautiful.com.

By Olivia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *