Semur Jengkol


Cara Memasak Semur Jengkol dan Tips Mengolahnya

Pernahkah Anda mendengar nama Jengkol? Jengkol adalah salah satu makanan yang sering dijadikan bahan masakan di Indonesia. Salah satu masakan yang sering menggunakan jengkol sebagai bahan utama adalah semur jengkol. Rasa dari semur jengkol ini tidak perlu diragukan lagi. Bila diolah dengan baik, rasa dari jengkol akan semakin lezat dan kandungan di dalamnya tidak berubah. Berikut ini adalah cara memasak semur jengkol. 

CARA MEMASAK SEMUR JENGKOL

BAHAN-BAHAN

  • 300 gram jengkol 

  • 5-6 siung bawang merah. Rajang tipis agar lebih meresap 

  • ½ sendok teh merica 

  • 5 sdm kecap manis

  • ½ buah tomat, lebih baik bila ukurannya besar 

  • 100 ml air 

  • 2 lembar daun salam 

  • 1 sdm gula merah yang sudah diserut 

Sedangkan untuk bahan bumbu halusnya adalah 

  • ½ butir pala 

  • ½ sendok teh jinten 

  • 8 buah cabe merah keriting, bisa ditambahkan sesuai selera 

  • 1 genggam cabe rawit, bisa dikurangi atau ditambahkan sesuai selera 

  • 2 buah kemiri 

  • 2-3 siung bawang putih


CARA MEMBUAT

  1. Siapkan semua bahan yang sudah disebutkan sebelumnya. 

  2. Jika Anda membeli jengkol yang belum direbus, maka rebuslah terlebih dahulu. Jika sudah, bersihkan jengkol menggunakan air yang mengalir. Anda bisa membilasnya 1 atau 2 kali, sesuai dengan keinginan. Apabila sudah bersih, geprek jengkol sesuai keinginan. 

  3. Selanjutnya, tumis bawang merah yang sebelumnya sudah diiris tipis. Tumis hingga bawang setengah kering. 

  4. Setelah itu, masukkan semua bumbu halus. Sebelum dimasukkan, Anda harus mengulek semua bahan sampai tercampur rata. Bila ingin lebih ringan, Anda bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya. 

  5. Jika bumbu halus sudah dimasukkan, masukkan 2 lembar daun salam. Fungsi dari daun salam ini adalah untuk membuat wangi masakan. Setelah itu, tumis sampai tercium bau wangi dari bumbu. 

  6. Tambahkan air yang sudah disiapkan. Setelah air dimasukkan, aduk sebentar dan tambahkan garam, kaldu jamur dan juga kecap manis. Aduh sampai semua bumbu tercampur rata. Setelah itu, masukkan jengkol. Jika setelah dicoba rasanya sudah pas, Anda bisa memasukkan irisan buah tomat. 

  7. Tunggu sampai air menjadi menyusut. Hidangan siap untuk disajikan. 

Itu dia resep untuk membuat semur jengkol. Bila Anda ingin memasaknya, tentu Anda juga harus tahu bagaimana cara menghilangkan bau dari jengkol. Tentunya, ini juga bisa membuat olahan jengkol menjadi lebih empuk dan enak. 

Cara pertama adalah dengan mengupas kulit jengkol yang berwarna coklat. Buanglah selaput yang ada pada bagian-bagian jengkol dan bersihkan secara menyeluruh. Tujuan dari metode ini adalah menghilangkan rasa pahit pada makanan tersebut. Setelah dikupas, Anda bisa merendam bahan makanan ini di air es. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan bau aneh dan tidak enak pada sayuran ini. Anda bisa merendamnya semalaman. Selain air es, Anda juga bisa merendam makanan ini di dalam air putih atau susu.

Anda juga bisa mencoba cara lain yakni merebus jengkol selama kurang lebih satu jam sebelum diolah menjadi semur atau sambal balado. Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pahit dan bau khas pada makanan tersebut. Perebusan jengkol juga bertujuan agar teksturnya lebih lembut.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengolah jengkol menjadi makanan yang sangat lezat? Tentu Anda bisa melakukannya dengan mudah karena ada resep diatas. Selamat mencoba. 

Baca Juga : 3 Resep Sederhana Nasi Goreng Enak Yang Bikin Ketagihan

By Olivia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *