Mengenal Pengertian Pasar Bebas Beserta Peran dan Manfaatnya

pasar bebas

Mengenal Pengertian Pasar Bebas Beserta Peran dan Manfaatnya, Simak di Sini!

Sumber: Gramedia.com

Regulasi perdagangan antar negara seperti ekspor dan impor akan diatur oleh negara yang bersangkutan. Pasar bebas hakikatnya merupakan salah satu bentuk perjanjian perdagangan antar dua negara atau lebih. Pasar bebas pun didorong globalisasi, dimana dunia akan menyatu menjadi satu untuk kemudian menghasilkan sekat – sekat antar negara berkurang, termasuk juga dalam bidang ekonomi. 

Sebagaimana dilansir dari Britannica Encyclopedia (2015), pasar bebas adalah sistem pertukaran ekonomi yang pajak, kendali mutu, kuota, tarif, dan bentuk lain dari intervensi ekonomi terpusat oleh pemerintah yang bersifat minimal atau bahkan tidak ada.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa pengertian pasar bebas adalah perdagangan yang tidak atur oleh otoritas yang memaksa seperti pemerintah. Pajak dan bea cukai barang yang masuk atau keluar dari suatu negara dalam pasar bebas biasanya akan dihapus.

Setelah mengetahui pengertiannya, berikut akan dijelaskan peran dan manfaat pasar bebas:

Peran Pasar Bebas

Sumber: Grid.id

Peran utama dari pasar bebas adalah untuk meningkatkan aktivitas ekonomi suatu daerah sekaligus memberikan kebebasan kepada masyarakat dalam melakukan transaksi tanpa ada paksaan pihak pemerintah. 

Peran pasar bebas selanjutnya adalah sebagai sumber informasi mengenai ketersediaan, permintaan, dan harga barang, mendorong pengembangan usaha, mendorong peningkatan SDM, mendorong produktivitas, serta meningkatkan perekonomian. 

Manfaat Pasar Bebas

Sumber: Bisnis Ekonomi

Adapun beberapa manfaat dari pasar bebas adalah sebagai berikut :

Bisa Membuka Peluang Ekonomi

Pasar bebas bisa membuka peluang ekonomi dengan cara melakukan ekspansi pasar. Awalnya produk yang diproduksi hanya untuk dijual didalam negeri, namun dengan pasar bebas bisa dijual dengan mudah ke luar negeri. 

Baca juga: Raffi Ahmad Youtuber Tanah Air dengan Penghasilan Tertinggi 2021

Dihapusnya pajak membuat pasar bebas menjadi lebih luas lantaran tidak ada batasan pajak antarnegara yang mahal. Pasar bebas membuat produsen dalam negeri bisa ekspor banyak barang dengan biaya yang rendah. Hal itu akan membuat suatu negara memiliki komoditas ekspor andalan yang mampu meningkatkan perekonomian. 

Bisa Meningkatkan Perekonomian

Manfaat diselenggarakannya pasar bebas juga bisa meningkatkan pendapatan negara dan perekonomian penduduknya. Pasar yang luas memungkinkan permintaan terhadap produk juga menjadi lebih besar bagi produsen dalam negeri. Permintaan pasar yang semakin banyak tentunya akan membuat peningkatan ekonomi yang terjadi semakin besar pula. 

Selain itu, dengan terbukanya pasar yang luas akan mengundang para investor asing untuk datang mendirikan bisnis dalam negeri. Pembukaan usaha baru atau pengembangan usaha yang menjadi lebih besar tentunya akan memperluas lapangan pekerjaan. Hal itu bisa mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat. 

Bisa Meningkatkan Teknologi

Pasar bebas juga memungkinkan bisa masuk dengan mudahnya teknologi yang lebih maju dari luar negeri ke dalam negeri. Dengan diselenggarakannya pasar bebas, meningkatan teknologi bisa dilakukan dengan mudah dan merata. Selain peningkatan teknologi, persaingan ketat di pasar bebas menuntut suatu negara untuk meningkatkan sumber daya manusia. 

Bisa Memenuhi Kebutuhan Dalam Negeri

Adanya pasar bebas juga bisa membantu pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Mengingat semua barang tidak bisa diproduksi didalam negeri, maka sebagian besar barang harus diimpor dari luar negeri agar bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri. 

Mengingat dalam pasar bebas tidak ada biaya impor dan persaingan yang ketat membuat pemerintah bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri dengan harga lebih terjangkau. 

Itulah penjelasan tentang pengertian, peran dan manfaat pasar bebas bagi Indonesia. 

Baca juga: Program Bantuan Inkubasi Bisnis Pesatren Kemenag Anggaran 2022

Sumber: https://beritanakmuda.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top