Sisi Menarik Alat Musik Tradisional Papua

Alat Musik Tradisional Papua

Saat menghadiri upacara adat pasti kita akan diperlihatkan dengan tampilan alat musik tradisional. Papua memiliki banyak alat musik tradisional yang sering dimainkan sebagai pengiring dari upacara adat.  Alat musik tradisional Papua terkenal unik dengan bentuk – bentuknya yang menarik perhatian banyak orang. Berikut Sisi Menarik Alat Musik Tradisional Papua antara lain :

  1. Memiliki cara main yang unik

Ada beberapa alat musik tradisional Papua yang memiliki sisi menarik di dalamnya. Perlu diketahui bahwa sebagian alat musik tradisional Papua memiliki cara main unik. Contohnya seperti alat musik paar dan kee. Pada awalnya kedua alat musik ini memiliki fungsi menutupi alat kelamin pria. Namun di zaman sekarang paar dan kee dapat digunakan sebagai alat musik. Kedua alat musik ini dipasang melingkari pinggang. Dengan begitu paar dan kee akan menciptakan suatu nada ritmis saat penggunanya melakukan sebuah tarian yang menggerakkan kedua kakinya. Sehingga paar dan kee akan saling bertabrakan sehingga membentuk suatu melodi yang khas. 

  1. Dapat digunakan sebagai alat komunikasi

Papua terkenal akan alat musik tradisionalnya. Salah satu hal menarik dari alat musik tradisional Papua adalah dapat digunakan sebagai alat komunikasi. Sejak zaman dahulu alat musik digunakan sebagai sarana untuk berkomunikasi. Komunikasi menggunakan alat musik tradisional Papua lebih sering dilakukan saat peperangan. 

  1. Memiliki ukiran khas Papua

Perlu diketahui bahwa alat musik merupakan salah satu budaya Indonesia yang perlu dikembangkan. Saat ini semua orang sudah mulai mengetahui alat musik tradisional Papua. Hal tersebut dikarenakan alat musik tradisional Papua memiliki ukiran khas Papua yang menjadi daya tariknya. Ukiran yang terdapat pada alat musik tradisional Papua cenderung memiliki arti khusus. 

  1. Menggunakan kulit hewan dalam pembuatannya

Salah satu sisi menarik yang ada di alat musik tradisional Papua adalah menggunakan kulit hewan dalam pembuatannya. Alat musik tradisional Papua lebih sering terbuat dari kayu dan kulit hewan. Hal tersebut dikarenakan kayu dan kulit hewan memiliki tekstur awet sekaligus tahan lama. 

  1. Memiliki banyak makna 

Alat musik tradisional Papua dinilai memiliki banyak makna dalam permainannya. Semua orang tahu bahwa alat musik tradisional mudah ditemui di berbagai acara adat suatu daerah. Papua menjadi daerah yang menjalankan acara adat setiap harinya. Bahkan acara adat dan keagamaan sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari – hari mereka. Karena itulah wilayah Papua memiliki banyak alat musik dengan makna – makna bagus di dalamnya. Salah satu alat musik tradisional Papua yang memiliki makna menarik adalah tifa. Tifa dikenal sebagai alat musik tradisional Papua yang melambangkan kedamaian.

  1. Membuat ritual upacara adat semakin khusuk

Papua dikenal sebagai wilayah yang suka melakukan banyak upacara adat. Masyarakat suku Papua lebih membutuhkan alat musik tradisional Papua sebagai pelengkap upacara adat. Hal tersebut dikarenakan alat musik tradisional Papua dapat membuat ritual upacara adat semakin khusuk. Terlebih lagi ritme yang dihasilkan oleh alat musik tradisional Papua dapat menenangkan jiwa seseorang.

  1. Menghasilkan nada menenangkan 

Alat musik tradisional Papua dinilai dapat menghasilkan nada menenangkan. Semua orang tentunya tahu bahwa Papua memiliki banyak alat musik tradisional. Jika dimainkan secara benar maka alat musik tradisional Papua bisa menghasilkan nada yang menenangkan jiwa dan pikiran. Dengan nada yang terlihat merdu akan membuat suasana terlihat lebih damai dan tenang.

Sisi Menarik Alat Musik Tradisional Papua akan membuat suasana semakin menyenangkan. Sebagai generasi muda, kita harus membantu melestarikan alat musik tradisional supaya tidak punah.

Baca juga: Rangkaian Upacara Pernikahan Suku Betawi 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top