tips-menghilangkan-lag-di-pc
Ilustrasi Bermain Game di PC

diversitybeautiful.com – Layar yang luas pada PC pasti membuat kepuasan tersendiri untuk menambah keseruan bermain game online di PC. Apalagi selain bisa seru-seruan sendiri bermain game, pemain juga bisa berinteraksi dengan pemain lain di seluruh dunia dan juga banyak sekali pilihan game online PC yang bisa dimainkan. Akan tetapi yang seringkali menjadi kendala saat bermain game online menggunakan PC adalah terjadinya perlambatan akibat nge-lag. Tentu saja ini akan sangat mengganggu sekali. Pasti akan sangat kesal jika sedang asik bermain game dan menuju kemenangan, tetapi tiba-tiba PC ngelag bukan?.

Sebenarnya ada trik yang bisa coba dilakukan oleh kamu yang hobi main game online di PC agar tidak ngelag. Hal ini akan dirangkum pada artikel ini.

Beberapa trik mudah supaya bermain game online PC tidak lag

  1. Usahakan jaringan internet yang digunakan stabil

Namanya saja game berbasis online, tentu saja jaringan internet adalah salah satu hal yang cukup berpengaruh dalam kelancaran selama bermain game. Untuk bermain game online PC, sebagian besar game PC online ini membutuhkan kecepatan internet stabil sekitar 10 mbit/s, akan tetapi berbeda untuk kamu yang bermain game online PC dengan video streaming. Tentu saja kamu akan membutuhkan kecepatan internet yang lebih, sekitar 50 hingga 100 mbit/s.

Untuk mengetahui atau menguji kecepatan jaringan internet, kamu bisa menavigasikan pada sejumlah web yang membuka layanan pengujian kecepatan yang cukup komprehensif, misalnya speedtest.net , dslreports.com.


  1. Atur video game 

Ada sejumlah game yang cukup menguras daya, sehingga akan membutuhkan waktu proses yang cukup lama. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu saat bermain game. Untuk mengatasi ini, kamu bisa melakukan pengaturan pada video game, salah satunya dengan memilih level resolusi lebih rendah, dan mengatur detail penting lainnya.


  1. Pengaturan daya

Lakukan pengaturan daya agar optimal saat digunakan bermain game online.langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan daya ini adalah dengan memilih ikon baterai yang terletak pada taskbar, kemudian pindahkan slider ke sisi kanan (tempat dimana terletak best performance).


  1. Atur aplikasi dalam PC

Terkadang yang membuat PC atau laptop menjadi lemot dan akan mengganggu saat bermain game adalah terlalu banyak aplikasi yang aktif. Oleh sebab itu, untuk melancarkan permainan game online kamu, alangkah baiknya jika kamu memilih beberapa aplikasi yang tidak terpakai atau tidak penting, agar bisa mengoptimalkan kinerja PC.


  1. Atur antivirus 

Mematikan antivirus atau bahkan menghapus antivirus semua pada program PC bukanlah pilihan yang tepat untuk mengoptimalkan PC saat bermain game online. Bahkan untuk windows 10 sangat dihindari untuk tidak memiliki antivirus sama sekali. Maka pilihan yang pas adalah menutup browser saat bermain game, sebab ada sebagian windows yang memberikan antivirus tertentu pada browser yang dimana umumnya kurang sesuai dengan game online.


  1. Pengaturan windows update

Selain banyaknya aplikasi yang tidak penting, hal lain yang bisa memicu kinerja PC melambat adalah windows update yang melakukan updating aplikasi secara otomatis apabila tidak diatur. Untuk windows 10, langkah mudah untuk mengatur windows update agar dapat mengoptimalkan PC adalah dengan membuka pengaturan windows, kemudian pada pembaharuan windows, pilih change active hours.

Uraian diatas adalah beberapa tips dan trik agar menghilangkan lag saat bermain game di pc. Kamu bisa mencobanya sendiri pada pc kamu, ketika ngelag saat bermain. Semoga bermanfaat!

By Olivia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *