gunung-di-jogja


diversitybeautiful.com – Selain memiliki pesona alam, gunung pun merupakan tempat yang menantang dikunjungi. Lima gunung di Jogja berikut paling cocok dijadikan tempat berlibur atau spot foto-foto dengan latar belakang cantik. Seperti panorama alam yang asri atau bahkan lembayung merah-jingga saat sinode bersama teman dan keluarga. berikut daftar gunung di jogja dengan panorama indahnya.

1. Gunung Andong

Gunung satu ini memiliki ketinggian sekitar 1.731 meter di atas permukaan laut yang memungkinkan Anda mendapat spot foto menarik apabila berhasil sampai puncak. Tidak hanya itu, para wisatawan pun akan disuguhkan dengan pemandangan indah yang masih memiliki pesona alam sendiri. 

Beberapa warung juga tersedia apabila Anda berencana untuk mendaki ke puncak, jadi tidak perlu membawa bekal yang banyak dan berat dari rumah. 

2. Gunung Telemoyo

Gunung yang berada pada ketinggian 1.894 meter di atas permukaan laut ini kerap menjadi destinasi untuk latihan para pendaki pemula. Jalanan menuju gunung yang berada di daerah Magelang ini sendiri cenderung mudah dilalui, bahkan Anda bisa membawa motor khusus jika ingin segera sampai ke puncak. 

Namun, jangan lupa membawa bekal serta persediaan mumpuni karena di Gunung Telemoyo tidak tersedia warung yang akan menawarkan mi rebus hangat kepada Anda. 

Baca Juga : 4 Berita Travelling Terbaru di Era Pandemi

3. Gunung Merapi

Gunung Merapi ini berada di ketinggian 2.930 meter di atas permukaan laut. Pemandangan alam yang disuguhkan di sana masih sangat worth it untuk dinikmati sekalipun Gunung Merapi ini merupakan gunung di Jogja yang kerap mengalami erosi dan puluhan kali ledakan. 

Namun, hal tersebut tak serta-merta menegaskan kesan bahwa gunung itu sendiri tak memiliki kesan bagus. Nyatanya, melihat matahari terbenam di sana meski tidak sampai ke puncak juga sudah sangat menyenangkan.

4. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran ini memiliki ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut serta memiliki pemandangan menakjubkan. Mata Anda akan dimanjakan dengan alam hijau yang asri, tetapi untuk sampai ke sini membutuhkan ketahanan yang kuat karena keduanya yang sedikit terjal.

Hal ini akan membuat Anda cepat merasa kelelahan, tentunya hal tersebut sebanding dengan apa yang akan didapat setelah sampai di puncak. Gunung ini pun menyajikan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang menyejukkan. 

5. Gunung Jaran

Gunung di Jogja bernama Jaran ini terletak di Ds. Nglinggo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulonprogo, Yogyakarta. Memakan waktu kurang-lebih satu setengah jam perjalanan untuk sampai ke puncak.

Jika Anda memilih berjalan kaki, gunung Jaram yang mempunyai ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut ini mempunyai jalur trek yang relatif mudah. Jika melalui jalur tersebut menggunakan motor khusus, Anda akan sampai di puncak kurang dari 1 jam. 

Gunung Jaran sendiri adalah salah satu destinasi yang bertempat di Kulonprogo, destinasi yang paling banyak diminati pengunjung. Alasan mengapa tempat ini banyak diminati adalah karena tempatnya yang memiliki pemandangan menakjubkan serta menawarkan tiket yang tidak begitu mahal bagi semua pengunjung yang datang ke sana. 

Sebenarnya masih banyak sekali gunung yang memiliki pemandangan tak kalah menarik di daerah Jogja ini, namun akan sangat panjang apabila diuraikan satu demi satu. Nah, di antara kelimanya, manakah yang menarik hati Anda untuk segera berkunjung? 

By Olivia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *