sumber : Tribun

Palembang, kota dengan sejarah yang kaya di Pulau Sumatra, Indonesia, memiliki sejumlah masjid yang menjadi saksi bisu perjalanan waktu dan keagungan peradaban Islam. Dalam artikel ini, kita akan menelusuri beberapa masjid paling bersejarah di Palembang yang memancarkan keindahan arsitektur dan nilai-nilai keislaman.

1. Masjid Agung Palembang

  • Sejarah: Masjid Agung Palembang, sebagai Masjid Sultan Mahmud Badaruddin I adalah salah satu masjid paling bersejarah di Palembang. Selain itu, masjid ini berdiri pada tahun 1740, masjid ini menjadi bagian penting dari sejarah Islam dan peradaban Palembang.
  • Arsitektur: Masjid Agung Palembang menonjol dengan arsitektur Melayu yang megah. Menara tinggi, kubah yang indah, dan ornamen-ornamen ukiran kayu memberikan masjid ini sentuhan artistik yang memukau.
  • Keunikan: Masjid ini memiliki keunikan dengan adanya empat menara di keempat sudutnya, menciptakan tampilan yang spektakuler. Keindahan masjid ini semakin menonjol saat malam hari dengan iluminasi yang indah.

2. Masjid Limau Manis

  • Sejarah: Masjid Limau Manis, berdiri pada tahun 1748, menjadi bukti harmoni antara budaya Melayu dan Tionghoa di Palembang. Masjid ini menyiratkan toleransi dan kerukunan antarumat beragama.
  • Arsitektur: Arsitektur masjid ini mencerminkan perpaduan antara gaya Melayu dan Tionghoa. Kubah merah yang khas dan ornamen-ornamen Tionghoa memberikan masjid ini daya tarik estetika yang khas.
  • Keunikan: Masjid Limau Manis terkenal dengan warna merah kubahnya yang mencolok dan ornamen-ornamen Tionghoa di beberapa bagian bangunan. Hal ini menciptakan suasana unik dan menarik.

sumber : Wikipedia

3. Masjid Al-Munawar

  • Sejarah: Meskipun lebih modern, Masjid Al-Munawar tetap menjadi salah satu masjid paling bersejarah di Palembang. Menariknya, masjid ini berdiri pada tahun 2004, masjid ini menggambarkan perkembangan arsitektur modern di dunia Islam.

BACA JUGA : Kumpulan Ucapan Selamat Nikah Islami

  • Arsitektur: Masjid ini memiliki desain yang modern dengan sentuhan klasik. Kubah yang elegan, menara tinggi, dan fasilitas-fasilitas modern menjadikan Masjid Al-Munawar sebagai ikon keislaman di Palembang.
  • Keunikan: Masjid ini menonjolkan keunikan dengan adanya kubah emas yang mengilap dan desain interior yang elegan. Pemandangan sekitarnya yang indah menjadikan masjid ini sebagai tempat ibadah yang damai.

4. Masjid Cheng Ho

  • Sejarah: Meskipun secara fisik tidak tampak seperti masjid konvensional, Masjid Cheng Ho memiliki nilai sejarah yang luar biasa. Dibangun pada tahun 2006, masjid ini mengenang jejak Cheng Ho, seorang penjelajah Tionghoa-Islam yang meninggalkan pengaruh di Palembang.
  • Arsitektur: Meskipun tidak memiliki kubah dan menara seperti masjid pada umumnya, Masjid Cheng Ho memiliki arsitektur khas Tionghoa-Islam. Patung Cheng Ho yang megah dan ornamen-ornamen Tionghoa membuatnya unik.
  • Keunikan: Masjid ini menarik perhatian dengan adanya patung Cheng Ho yang besar dan ornamen-ornamen Tionghoa yang menciptakan atmosfer yang berbeda dari masjid pada umumnya.

5. Masjid Jami’ Panggung Riyadi

sumber : Kompas

  • Sejarah: Masjid Jami’ Panggung Riyadi adalah salah satu masjid tertua di Palembang yang berdiri pada abad ke-18. Selain itu, namanya merupakan nama dari seorang ulama terkemuka, Sheikh Abdul Wahab Riyadi.
  • Arsitektur: Masjid ini menunjukkan keaslian arsitektur Melayu dengan atap yang melengkung dan kayu-kayu berukiran. Keindahan ukiran kayu pada pintu dan jendela menambah pesona masjid ini.
  • Keunikan: Masjid Jami’ Panggung Riyadi memiliki panggung di bagian depannya yang digunakan untuk kegiatan pengajian dan pertunjukan tradisional. Hal ini menambah karakter khusus masjid ini.

Kesimpulan: Masjid-masjid bersejarah di Palembang mencerminkan kekayaan sejarah, seni, dan nilai-nilai keislaman yang mengakar dalam budaya kota ini. Dari Masjid Agung yang megah hingga Masjid Cheng Ho yang unik, setiap masjid menyimpan cerita dan keindahan yang memberikan warna tersendiri dalam panorama keagamaan dan sejarah Palembang.

BACA JUGA : Doa Ketenangan Hati dan Pikiran, Bisa Hilangkan Stress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *