Masa Subur Pria

Diversitybeautiful.com – Banyak orang yang beranggapan bahwa kalau masalah kesuburan itu hanya untuk wanita saja.

Padahal sebenarnya kesuburan dari suami maupun istri perlu sama-sama diperhatikan karena bisa meningkatkan peluang untuk terjadinya kehamilan. Tentunya menghitung masa subur pria ini berberda dengan masa subur wanita.

Dimana cara menghitung masa subur pria ini dapat ditentukan dari kuantitas, kualitas, struktur hingga pergerakan sperma. Selain itu ada beberapa faktor lainnya seperti hormon yang juga bisa mempengaruhi kesuburan.

Jadi, jika semua ini dipenuhi, maka seorang pria bisa dikatakan subur dan spermanya mampu berfungsi dalam membuahi sel telur wanita.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa sperma ini merupakan sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis.

Sperma ini bisa disebut juga spermatozoa atau air mani. Sperma ini mulai diproduksi pada saat menginjak usia pubertas sampai akhir hayat. Dan sperma ini merupakan hal yang sangat penting bagi kaum pria untuk bisa mendapatkan keturunan.

Begitu pentingnya sperma ini, maka anda khususnya bagi kaum laki-laki harus menjaga kesehatan dan kesuburan sperma ini agar supaya nantinya bisa menghasilkan keturunan pada saat sudah menikah.

Lalu bagaimana sperma yang subur itu? Oleh karena itu dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang ciri-ciri sperma yang subur dan tidak subur sebagai berikut :

Ciri-ciri Sperma Yang Subur 

  • Perlu anda ketahui bahwa cairan sperma yang bisa dikatakan subur jika konsistensinya kental dan terasa lengket seperti jelly. Dan sperma yang subur dan sehat memiliki warna putih keabu-abuan, ada juga yang warnanya kekuningan, ini juga termasik normal.
  • Ciri sperma yang subur lainnya adalah ketika seorang pria ejakulasi, maka volume sperma yang dikeluarkannya itu sekitar 1-2 sendok makan.
  • Sperma yang sehat memiliki 15 juta sel sperma setiap 1 mililiternya.
  • Sperma yang normal memiliki kepala oval serta ekor yang panjang, dan selalu bekerja sama untuk mendorong satu sama lain supaya maju atau bergerak cepat.
  • Sperma yang sehat harus bisa bergerak dengan cepat, menggeliat, dan berenang menembus sel telur melalui leher rahim. Bila juumlah sperma yang bergerak cepat lebih dari 40 %, maka pria tersebut bisa disebut subur.

Baca juga: Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita

Ciri-Ciri Sperma Tidak Subur 

  • Jika sperma yang keluar pada saat ejakulasi kurang dari 1 sendok makan, maka hal tersebut bisa dikatakan sperma ini kurang subur dan sehat. Jika terjadi demikian pada anda, maka sebaiknya segera periksa di lab. Untuk mengecek kepastiannya.
  • Ciri berikutnya adalah dimana air mani atau sperma yang tidak subur ini biasanya memiliki warnanya kadang hijau, kuning, merah, atau coklat. Namun jika warna sperma berwarna kuning masih dianggap normal, asal saja tidak berwarna kehijauan. Karena kalau sperma berwarna hijau, itu tandanya sudah terkena infeksi. Untuk itu waspadalah jika sperma anda berwarna tidak normal, dan segerakan periksa ke dokter.

ika sperma anda berbau busuk, maka anda perlu berhati-hati karena hal tersebut bisa jadi tanda bahwa kelamin anda terkena infeksi. Karena kalau sperma yang normal, memiliki bau yang khas.

Itulah cara menghitung masa subur pria dan ciri-ciri sperma yang subur dan tidak, begitu pentingnya kesuburan pria terutama yang sudah menikah, sehingga seorang pria harus benar-benar menjaga kesehatan spermanya, salah satunya adalah dengan rajin berolahraga. Semoga tulisan ini ada guna dan manfaatnya.

Baca juga: Kanker Serviks: Faktor Resiko dan Tanda-Tandanya

By Olivia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *