Perbedaan VCD vs DVD

Mengenal Perbedaan VCD vs. DVD: Jenis-jenis, Kelebihan dan Kelemahannya

Sumber: Ames Boston

Mungkin masih banyak orang yang masih bingung dengan perbedaan VCD dan DVD, walaupun sering menggunakannya, namun sulit membedakan keduannya  karena bentuknya seperti lempengan.

1. VCD

Sumber: SYSNETTECH Solution

Jenis VCD

VCD juga memiliki  jenis yang  tidak jauh berbeda seperti CD, diantaranya yaitu:

  • VCD-R

Itu digunakan untuk membuat atau menyimpan data, sehingga VCD  tidak dapat digunakan untuk menambahkan lebih banyak data. Hal ini juga berlaku jika  masih ada ruang pada VCD. 

  • VDC+R 

Jenis selanjutnya adalah VDC+R. Jenis dengan tanda +R menunjukkan bahwa VCD ini adalah jenis VCD multisession. 

Namun, jika belum penuh, data lebih lanjut dapat ditambahkan ke VCD. Dengan begitu, pemanfaatan ruang  bisa lebih optimal. 

  • VCD RW 

Jenis yang terakhir adalah VCD RW,  jenis VCD yang dapat ditulis ulang. Seperti namanya, data yang dikandungnya dapat ditulis ulang.

Artinya, data pada VCD ini dapat dihapus dan kemudian diisi  dengan data baru. Namun, ada batasan yang hanya 4 kali. 

Kelebihan VCD:

Sumber: VCD

  • Harga Terjangkau 

Dibandingkan dengan jenis penyimpanan lainnya, VCD juga termasuk dalam penyimpanan data yang terjangkau. Belum lagi kapasitas penyimpanannya juga cukup besar hingga 870MB. 

  • Ringan dan mudah dibawa

VCD juga memiliki bentuk yang ringan dan mudah dibawa. Tidak hanya itu, tetapi peningkatan daya tahan adalah manfaat yang pasti untuk VCD ini.

Kekurangan VCD

  • Kapasitas penyimpanan belum terlalu besar

Meskipun menawarkan penyimpanan hingga 870 MB. Ternyata ini belum terlalu cukup besar.

  • Lapisan Data Gampang Rusak

Lapisan data berada di bagian bawah dan harus bersentuhan langsung dengan label. Jika lapisan ini tergores,  VCD akan rusak dan data di dalamnya bisa hilang.

Baca juga: Rekomendasi Novel Indonesia Best Seller, Sudah Baca?

2. DVD

Sumber: Wikipedia

Jenis DVD 

Oleh karena itu, jenis DVD ini  hampir identik dengan jenis penyimpanan yang disebutkan di atas. Ada 3 jenis DVD yang bisa ditemukan dan digunakan, yaitu:

  • DVD – R

DVD – R adalah jenis DVD yang menunjukkan jenis disk sesi tunggal yaitu hanya bisa digunakan sekali, tidak bisa ditambah atau diisi ulang dengan data  setelah diisi, walaupun sebenarnya ada juga yang bisa menyimpan beberapa sesi, jelas tidak semua.

  • DVD+R

Tanda plus (+) ini menunjukkan apakah media ini merupakan media penyimpanan multi-sesi. Ini berarti Anda dapat melengkapi ruang kosong yang tersedia atau menambahkan lebih banyak data. 

Dengan sifatnya yang multi sesi, akan memaksimalkan penggunaan. Kapasitas penyimpanan  DVD yang sebenarnya cukup besar. 

  • DVD-RW

Jenis terakhir adalah DVD RW (Rewritable). Jenis DVD ini terbuat dari bahan khusus yang memungkinkan data  di dalamnya  dihapus dan digunakan untuk menyimpan data baru. 

Namun, jumlah data yang dapat dihapus pada DVD ini masih terbatas. 

Kelebihan DVD

Sumber: Wikipedia

  • Kapasitas Lebih Besar 

Keunggulan utama memori ini tentu saja kapasitasnya yang lebih besar. Sebuah DVD dapat memiliki kapasitas penyimpanan hingga 4,7 GB. 

Kapasitas ini dapat digunakan untuk menyimpan sejumlah besar data sekaligus. 

  • Kualitas Gambar Yang Lebih Baik

Tidak hanya ukuran penyimpanan yang lebih besar, kapasitas gambar DVD juga lebih baik. Dengan DVD, resolusi atau kapasitas gambar bisa sampai 740×480. 

Kualitas suara juga dinilai sangat bagus dengan Dolby Surround Prologic Audio. 

  • Lebih Tahan Lama 

Dibandingkan dengan media penyimpanan optik lainnya, DVD bertahan relatif  lebih lama. Selain itu, ia juga memiliki fitur resume yang memungkinkan Anda untuk menjeda film yang sedang Anda tonton tanpa harus memulai dari awal.

Kekurangan DVD

  • Distribusi Terbatas 

Sistem Pengkodean Wilayah (SRC) membatasi distribusi DVD ke pemutar DVD hanya di beberapa negara, tetapi ini benar karena merupakan salah satu kelemahan DVD.

  • Hard Backup 

DVD memiliki sistem enkripsi yang membuat  backup data menjadi sulit, apalagi DVD ini  tidak dapat digunakan di Linux karena memerlukan lisensi khusus.

Baca juga: Sinopsis dan Review Emily In Paris Season 2

By Olivia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *