Camilan merupakan salah satu makanan ringan yang menjadi daya Tarik siapa saja yang mencicipinya. Biasanya camilan dikonsumsi saat waktu senggang atau pada saat bersantai. Siapapun suka dengan camilan, namun camilan terkadang membuat kita lebih boros jajan.

Nah, untuk meminimalisir pengeluaran camilan, sebaiknya Anda buat camilan Anda sendiri dirumah. Ada salah satu camilan yang lezat yang dibuat dengan bahan-bahan sederhana dan mudah didapatkan. Nama camilan tersebut adalah camilan kue garpu asin. 

Mungkin bagi sebagian orang, kue garpu asin merupakan camilan yang terdengar asing di telinga. Namun, mungkin jika melihat bentuk camilan tersebut siapapun sudah pernah melihatnya. Biasanya camilan kue garpu ini disajikan sebagai kue lebaran. Namun, hari-hari biasa Anda tetap bisa membuatnya.

Perlu diketahui bahwa kue garpu terdiri dari dua rasa, yakni manis dan yang asin. Namun, pada artikel kali ini kami akan memberikan resep membuat kue garpu asin yang bisa menjadi camilan Anda dirumah. 

Bahan Yang Dibutuhkan

Untuk membuat kue garpu asin, bahan yang dibutuhkan juga tidaklah sulit. Bahkan bisa dibilang semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ini sangatlah mudah didapat dan ditemukan dimana saja. Nah, sebelum membuat camilan tersebut, siapkan bahan-bahan sebagai berikut.

  • Tepung terigu sebanyak 250 gram

  • Tepung tapioca sebanyak 50 gram

  • Telur kocok sebanyak 1 butir

  • Daun seledri yang di iris halus sebanyak 1 batang

  • Merica bubuk sebanyak ΒΌ sendok teh 

  • Kaldu bubuk sebanyak 1 sendok teh 

  • Gula pasir sebanyak 1 sendok teh 

  • Garam sebanyak 1 sendok teh 

  • Margarin yang sudah dicairkan sebanyak 50 ml

  • Santan kental sebanyak 65 ml

Cara Membuat Kue Garpu

Setelah bahan terkumpul, selanjutnya mari ikuti langkah pembuatannya sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, masukkan tepung, telur, gula, garam, merica, seledri, kaldu bubuk, santan dan margarin dalam satu wadah. Kemudian aduk semuanya hingga bahan tercampur sempurna sampai adonan dapat dibentuk.

  2. Kemudian ambil secukupnya dan pipihkan di atas cetakan kue garpu sambil di tekan dan di gulung. Kemudian lakukan hingga semua adonan habis.

  3. Setelah itu, goreng kue dalam minyak panas dengan api sedang sampai matang. Untuk mengukur matangnya kue garpu, Anda bisa melihat perubahan bentuk warna yang menjadi kecoklatan. Kemudian angkat dan tiriskan.

  4. Letakkan kue garpu dalam wadah seperti toples dan siap disajikan untuk camilan sehari-hari atau untuk kue lebaran. 

Hal Yang Harus Diperhatikan

Dalam membuat kue garpu asin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut:

  1. Jika Anda tidak memiliki cetakan kue garpu, Anda bisa menggunakan garpu makan dengan mencetak adonan dengan bagian belakang garpu.

  2. Jangan cetak adonan dengan terlalu tebal agar mendapatkan hasil kue yang renyah.

  3. Penggunaan bahan cair seperti margarin dan santan gunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika adonan masih belum bisa dibentuk maka Anda boleh tambahkan lagi.

  4. Simpan kue garpu dalam toples yang kedap udara. Hal ini dikarenakan kue garpu merupakan kue yang garing dan renyah. Sehingga apabila terkena udara terbuka maka rasanya akan berbeda.

Nah itulah resep camilan sederhana kue garpu asin yang mudah dan bisa Anda coba sendiri dirumah. jadi, jika Anda ingin camilan dengan bahan sederhana dan mudah pembuatannya, maka kue garpu ini bisa menjadi pilihan Anda untuk menemani waktu bersantai Anda dirumah. Aroma santan dan margarin yang menggoda tentu membuat siapa saja tergoda untuk mencicipinya.  

By Olivia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *